Catatan Kecil Harian

Membangun Kembali Semangat Ngeblog (edisi curahan hati)

“Assalamu’alaikum”

Apa kabar?
Sibuk ngapain aja?
Akhirnya masih sempet ngunjungin aku. Masih ingat aku kan?”

Sepat terlintas dipikiran saya tentang bagaimana jadinya jika blog saya ini bisa berbicara. Horor. Bisa bicara saja sudah horor apalagi bisa keluar dari internet dan jitak kepala saya. Hmmmmm

BLOG

Saya terakhir posting sekitar bulan Juni 2015 lalu (lihat posting dibawah..hehe) pas bulan puasa. Postingan saya tentang informasi kesehatan. Dulu pas saya masa kuliah dan profesi selalu (berusaha) menyempatkan diri untuk posting mulai dari yang iseng hingga ikutan lomba blog. Tapi jika dibandingkan dengan sekarang, sepertinya agak susah buat rajin posting di blog ini. Alhamdulillah sejak Desember 2014 saya sudah menjadi mendapatkan pekerjaan. Kalaupun ada waktu luang ato libur, saya usahakan main”, jalan” maupun istirahat. Sebenarnya sempat terlintas di pikiran saya buat posting di blog tapi selalu hanya sampai tahap “niat” tanpa “aksi”. Bukan karena malas, tapi sibuk (baca:alasan).

Awal bulan Oktober 2015, saya mendapatkan pelatihan dasar Bela Negara di Jakarta selama 40 hari. Banyak hal yang daya dapatkan selama pelatihan dasar ini. Mulai dari pembelajaran materi tentang keamanan dan perlindungan bela negara dan organisasi tempat saya bekerja. Mulai dari berkenalan dengan teman” dari Medan sampai Wamena hingga jadi keluarga sendiri. Mulai dari jalan” di beberapa Mall di Jakarta. Mulai dari outbond 2 hari 1 malam di musim hujan. Mulai dari . .. .Stop (kalau diceritakan terus gak bakal bisa berhenti…hehe).

Pertengahan November 2015, saya sudah balik ke tempat saya bekerja. Sebenarnya saya masih agak lupa dan belum siap 100% untuk bekerja dengan baik (masa adaptasi #mungkin). Saya langsung mendapatkan tanggung jawab baru. KAGET. Itulah yang saya rasakan bercampur stress. Alhamdulillah, saya masih dibantu dengan senior saya dan rekan kerja saya. Tapi yang namanya stress memang nggak bisa langsung hilang begitu saja yang berdapak pada kondisi fisik dan psikologis saya.

manifes stress

Apakah faktor usia ikut serta mempengaruhi seseorang dalam manajemen stress? Saya yakin, secara teori pasti disebutkan bahwa smakin bertambahnya usia, maka akan bertambahnya pengalaman seseorang yang bisa berpengaruh terhadap cara seseorang memanajemen stress yang dialami. Tapi, saya jadi teringat kata salah teman saya “Bertambah usia itu adalah kepastian, namun bertambah dewasa adalah pilihan”.

Apakah orang yang sedang dalam masa awal dewasa dilarang stress? Stress bisa saja terjadi sebagai respon awal seseorang ketika menghadapi masalah dan belum menemukan jalan keluar. Langkah selanjutnya yang biasanya ornag lupakan adalah berdo’a kepada Allah untuk meminta jalan yang terbaik dalam mengatasi stress dan masalah yang dihadapi. Masing-masing orang pasti punya cara sendiri untuk mengatasi stress misalnya jalan”, tidur, makan, curhat dengan sahabat dsb. Menurut saya, ngeblog adalah salah satu dari cara yang bisa dipakai untuk mengatasi stress. Tapi jika dari awal belum punya ide/topik yang akan dipakai buat posting, malah bisa menambah stress #ehhh. Dan sekarang saya sedang bersemangat untuk posting artikel..hehe.

Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa saya rasakan dari posting dari blog saya.

1. Blog Meningkatkan Kemampuan Menulis
Saya mungkin memang bukan penulis yang handal karena saya juga jarang membaca buku (selain buku pelajaran) ataupun novel. Teman-teman saya sudah tahu apa jawabannya jika ada yang tanya buku/novel apa saja yang pernah saya baca sampai selesai. Maka dari itu, dari dulu saya berusaha membuat tulisan baik berupa artikel curahan hati maupun seputar ilmu kesehatan/keperawatan. Saya juga pernah berani ikut serta dalam lomba menulis blog meskipun tidak pernah menang. Hal ini dikarenakan, saya jadi bisa mengevaluasi postingan” saya dan berusaha posting artikel yang lebih baik.

2. Blog Menambah Teman Kenalan
Blog saya memang bukan blog yang terkenal dan ramai dikunjungi. Namun, ketika saya cek ada beberapa blogger lain yang follow blog saya dan mengajak berkenalan , rasanya menyenangkan punya kenalan baru. Saya juga follow back blog tersebut.

3. Blog Tempat Berbagi Ilmu
Saya bukan orang yang cerdas, pintar dan rajin, namun saya senang jika saya bisa saling berbagi pikiran dengan teman-teman. Bukankah berbagi ilmu itu adalah hal yang menyenangkan? Untuk apa kita menyimpan ilmu kita sendiri? Bukankah menyenangkan jika kita dan teman-teman kita sama” mengerti dan sama” sukses?

4. Blog Tempat Curahan Hati
Hmm…jika yang satu ini tidak perlu ditanyakan. Sudah banyak postingan saya yang isinya tentang curahan hati saya mulai beberapa tahun lalu. Yup, manfaatnya memang berasa. Pas saya lihat postingan curahan hati saya beberapa tahun lalu, saya jadi ingat pengalaman saya yang dahulu dan bisa menjadi semangat saya untuk menjadi lebih baik.

Wah..banyak juga tulisan saya di postingan ini. Oke..Lain kali saya harus lebih bersemangat #amin

Sumber data:
Lake, David. 2004. Stress: How to Cope with Pressure. Singapore: The Singapore Women’s Weekly Health Series.

Leave Reply

