Catatan Kecil Harian · Informasi Kesehatan dan Perawat

SEHAT DAN SEMANGAT BERIBADAH DI BULAN RAMADAN

Assalamu’alaikum ! ^^

Dua minggu lalu saat saya mengumpulkan laporan kerja ke kantor Malang, saya membaca artikel majalah islami yang membahas tentang menyambut bulan Ramadan. Setelah saya membaca artikel tersebut, saya melihat ada lembar khusus tentang membuat jadwal ibadah di bulan Ramadan yang dikemas dalam bentuk kalender.

Saya jadi tertarik untuk membuat postingan dengan tema yang sama di blog saya. Mengingat sudah hampir setengah tahun saya belum menulis postingan baru di blog ini (hehe) dan ini juga sudah seminggu memasuki bulan Ramadan, saya mohon maaf jika ada salah kata, gambar atau lainnya yang tidak enak dihati ^^.

Jadi, saya ingin [ikut] membuat kalender tentang target ibadah yang ingin dilakukan selama bulan Ramadan. Saya membuatnya langsung dalam kalender 30 hari, jadi bisa dipakai di tahun Hijriyah kapanpun.

kalender ibadah ramadan

*Maaf, terjadi kesalahan penulisan qiyamul lail menjadi qiyamul laili

Nah, setelah membuat target ibadah di bulan Ramadan, saya coba bagikan tips sehat selama puasa.

1. Sahur
Menu Sahur
Yang penting niatkan dulu sahur meskipun harus bangun dini hari. Disamping makanan sahur penting buat mempersiapkan fisik, sahur juga merupakan sunah. Fokus makan yang kaya karbohodrat kompleks secukupnya.

2. Air minum 2 – 4 – 2
8-glasses-of-water_blue
Rumus 2 – 4 – 2 terdiri dari 2 gelas air minum pas buka, 4 gelas air minum pas malam, 2 gelas air minum pas sahur. Rumus ini dapat membantu kondisi volume tubuh kita tetap stabil selama puasa

3. Berbuka
iftar-meal-t

Segeralah siapkan ta’jil! Setelah ta’jil, dilanjutkan sholat Maghrib. Jangan makan berlebihan agar lambung tidak langsung penuh terisi makanan dan minuman.

4. Lanjutkan ibadah lainnya
shalat-malam.jpg w=684&h=513
Ibadah lainnya seperti qiyamul lail, tilawatil Qur’an, sedekah dan lain sebagainya dapat membantu kita makin dekat dengan Allah. Sehat bukan cuma fisik, kan?

Semoga bermanfaat ^^
Wallahu a’lam bishawab.

Situs yang berhubungan :
http://www.nestle-family.com/my-ramadan/ramadan-tips/english/
http://islam.about.com/od/ramadan/a/ramadan_tips.htm

Leave Reply

