Catatan Kuliah Perawat · Design dan Multimedia bagi Perawat · Informasi Kesehatan dan Perawat

Pisang dan Donat: Mari Jaga Kesehatan Reproduksi

Selama berada di departemen komunitas Puskesmas Dau Malang, saya mendapatkan banyak pelajaran seputar kesehatan komunitas dengan agregat remaja. Alhamdulillah, pak setyo (dosen pj komunitas) semakin antusias dan memberikan kami bahan-bahan penting untuk mensukseskan program kami. Rangkaian kegiatan kesehatan komunitas yang kelompok kami ambil adalah seputar kesehatan reproduksi remaja dan berada dalam program GEMAS: Gerakan Remaja Sehat

edit logo gemas potosop

Salah satu kegiatan GEMAS adalah penyuluhan ke institusi dan atas usul Bu Marni selaku pj puspromkes Puskesmas Dau Malang, kami mengadakan penyuluhan kesehatan di SMP sekitar Puskesmas Dau. Acaranya dimulai dari penyuluhan oleh kami yang dilanjutkan Bu Marni. Setelah itu sesi tanya jawab dan pembagian hadiah.Yang membuat saya paling berkesan adalah cara Bu Marni memberikan penyuluhan dengan mengajak kami beserta adek” SMP bernyanyi bersama. Lirik yang digunakan disesuaikan dengan lagu Ampar Ampar Pisang. WOW! Itu yang saya pikirkan begitu mendengarkan antusias adek” SMP menyanyikannya.

Kemudian saya tertarik membuat lirik modifikasi dan video tentang Pisang dan Donat. Berikut adalah liriknya:
Aku punya buah buahnya buah pisang
walau sesisir pisangnya pisang raja
Aku punya kue Kuenya kue donat
Walau sebiji tapi donatnya super
Aku punya pisang dek
Aku punya donat mas
Marilah kita sama-sama menjaga

Pisang diibaratkan dengan organ reproduksi laki-laki dan donat diibaratkan dengan organ reproduksi perempuan. Liriknya dirangkai dengan kata-kata ringan tanpa mengurangi pesan dari lagu kepada kita semua untuk selalu menjaga kesehatan organ reproduksi kita. Menjaga kesehatan organ reproduksi dapat dimulai dengan pemahaman organ reproduksi, aplikasi teknik membersihkan organ reproduksi yang benar cara mencegah penyakit menular seksual dan lain sebagainya. Kesehatan reproduksi remaja juga sudah masuk dalam daftar beberapa program kesehatan pemerintah seperti BKKB, UKS bahkan Desa Siaga. So, mari kita jaga organ reproduksi kita ^^

Leave Reply

