Catatan Kuliah Perawat

Yang Mana Jendela Dunia?

“Baik, tugas laporan pendahuluan dan asuhan keperawatan dikumpulkan besok bersamaan dengan diskusi kelompok, ya”

TUGAS!
TUGAS!!
TUGAS!!!

Apalah artinya mahasiswa tanpa tugas yang menumpuk..tugas yang diburu deadline..tugas yang direvisi berkali-kali..tugas yang bla bla bla..Lalu, sumber informasi apakah yang pertama kali akan dicari oleh mahasiswa ketika berhadapan dengan tugas-tugas?
Buku dan internet adalah dua kebutuhan primer (selain sandang papan pangan..hehe) seorang pelajar/mahasiswa.

Buku adalah gudang ilmu. Banyak informasi termuat dalam sebuah buku yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan, tinggal bagaimana memanfaatkannya dengan maksimal atau tidak, dibaca atau dibiarkan menjadi koleksi dan pajangan saja. Seiring dengan perkembangan zaman, buku sudah dapat disajikan dalam electronic book atau dikenal dengan ebook yang dapat diakses baik di mobile phone, laptop ataupun komputer pc.

Fasilitas internet yang semakin berkembang di masyarakat memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengakses informasi yang diinginkan. Beberapa provider search engine seperti google, ask dsb menyediakan jasa pencarian informasi melalui akses internet. Sudah ke sekian kali saya menggunakan jasa search engine untuk mencari sumber informasi data tugas kuliah saya ^^

Lalu, yang mana yang sebenarnya jendela dunia? Buku? Internet?
BUKU VS INTERNET

Klo saya boleh berpendapat berdasarkan himbauan yang pernah diberikan dosen saya (tapi lupa siapa namanya), yaitu “jangan langsung trust dengan informasi yg ada d internet jika bukan dari jurnal atau website yang terpercaya” . Itu bukan hanya dari ucapan tapi tiap kali habis diskusi kelompok (dk), beberapa dosen mengecek daftar pustaka di tugas kami. Jangan sampai pokoknya ketemuan sumber website klo bukan jurnal atao situs terpercaya yang sudah dibakukan (misal depkes, unicef, who dsb). Sebenanrnya intinya bukan dari masalah BUKU atau INTERNET, tapi bagaimana cara kita untuk menganalisa sumber informasi itu sebelum diolah menjadi data dalam mengerjakan tugas.

Maaf sebelumnya jika bahasa saya agak kacau karena seharian habis jaga departemen komunitas balik k kos langsung ngerjakan tugas dibarengi mainan internet (eh?) ..Salam semangat ya teman” ! ^^^

Advertisements

Leave Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s