Catatan Kuliah Perawat · Design dan Multimedia bagi Perawat · Informasi Kesehatan dan Perawat

Tetap Energik di Usia Emas: Senam Lansia

Sudah cukup lama saya tidak posting artikel lagi selama profesi ini..Hmmm, terakhir kali posting pas saya ada UGD Wlingi yaitu di departemen emergency. Kemudian saya ke Bantur untuk departemen jiwa dan gak mungkin saya sempat posting karena susahnya sinyal di sana..Tapi pengalaman di sana g kalah keren lah..Lanjut, setelah itu saya dan kelompok 5 kembali k Malang di Puskesmas Kendalsari departemen gerontik

Beberapa teori menyebutkan bahwa usia emas adalah dimana seseorang sudah mencapai usia lansia (>60 tahun) dan tinggal menikmati hasil kerja keras yang sudah dilakukan selama masih muda. Lalu, apakah usia emas merupakan usia dimana seseorang cukup santai saja? Apakah lansia masih perlu olah raga untuk tetap energik? Jawabannya adalah (ting tong )…hehe..silahkan dijawab pembaca sendiri

logo lansia

Salah satu cara menjaga kebugaran di masa lansia adalah dengan senam. Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Beberapa jenis senam lansia seperti:
a. Senam kebugaran lansia
b. Senam otak
c. Senam osteoporosis
d. Senam hipertensi
e. Senam diabetes mellitus
f. Olahraga rekreatif atau jalan santai.

Pas hari minggu pertama jaga, kami sudah dianugerahi tugas menyusun senam lansia pada acara pertemuan pkk lansia dan kader lansia. Alhasil, meskipun tidka mendapat penilaian dari akademik dan cukup kelabakan untuk penyesuaian diri, kami berhasil melaluinya (hehe). Berikut adalah pedoman gerakan senam yang kami edukasikan kepada lansia berdasarkan sumber teman” dari Univ. Jember (saya dapat dari youtube). Mohon maaf kalo pembaca nausea lihat foto saya memperagakan gerakan senam lansia karena saya sendiri juga dalam keadaan hungry saat melakukannya (g nyambung..hehe)

senam lansia house

Dan setelah Pendidikan Kesehatan kepada ibu-ibu PKK Lansia, kami pun dimintai untuk memberikan materi dalam bentuk hardcopy kepada beliau-beliau. Kemudian, saya menyiapkannya dalam bentuk printout ppt dan poster saya yang diatas dan video. Alhamdulillah, berkat kerja sama kelompok saya, maka mb Amel, Ina K, dan Umi bertugas men-shoot kegiatan senam lansia rutin di perumahan mb Amel dan saya bagian mengedit videonya. Kagetnya, ternyata gerakannya lebih sedikit dan pake kaset (kaset tape). Jreng, akhirnya jadilah video berikut dibawah ini hasil coret”an saya untuk para lansia. Semoga bermanfaat, amin ^^

Leave Reply

