Informasi Kesehatan dan Perawat

Prinsip Dasar Pengoperasian Pump (Syringe/Infus)

Sekitar 4 bulan masa profesi saya di rumah sakit, alhamdulillah saya sudah mulai cukup akrab dengan penggunaan syringe pump atau infus pump. Pengalaman ini baru saya dapatkan ketika di profesi, atau mungkin dulu ketika diterangkan di kuliah akademik saya tidak begitu memperhatikan dosen (hehe).

Untitled-1

Makadari itu, kali ini saya akan mencoba membahas tentang pengelolaan pemberian obat intravena mengguna “pump” baik syringe pump maupun infus pump menggunakan bahasa yang ala maya yang sederhana dan semoga tidak mbulet ^^

Mengapa menggunakan syringe/infus pump?
• Untuk menjaga pemberian medikasi intravena sesuai kebutuhan klien.
• Untuk memberikan medikasi dengan dosis kecil dan waktu pemberian yang lama.

Bagaimana cara mengoperasikan syringe/infus pump?
Konsep dasar mengoperasikan syringe/infus pump adalah CONCENTRATE (konsentrasi dalam meq/cc) , DOSIS dan SPEED (kecepatan dalam ml/jam).

a. CONCENTRATE
Hal yang perlu diperhatikan dalam konsentrasi larutan adalah kandungan obat dalam sediaan (ampul atau vial) yang dapat dilihat DI KEMASAN obat.

– Norepinefrin
0409-1443-04_32-3282_1

– Dopamin
download

– Dobutamin
8340753250_9e504ca7f0_m

Setelah mengetahui kandungan obat dalam 1 AMPUL ,maka langkah selanjutnya adalah PENGENCERAN dan penentuan KONSENTRASI OBAT dalam syringe. Misal:

tabel baru
b. DOSIS
Dosis obat pada tiap individu dapat berbeda bergantung pada berbagai faktor misalnya segi penyebab (syok kardio, syok septik dsb).

tabel 2

c. SPEED
Ada beberapa alat yang menggunakan 2 angka di belakang koma atau hanya 1 angka di belakang koma. Biasanya SPEED dinaikkan berhubungan dengan kenaikan DOSIS tiap beberapa menit. Adapun rumus untuk penentuan speed adalah:
(DOSIS x kgBB x 60)/Konsentrasi

Contoh Soal:
Diketahui : Pasien berat badan 50kg dengan syok septik membutuhkan terapi Norepinefrin menggunakan syringe pump mulai pukul 08.00. Dosis dinaikkan 0.01 tiap 15 menit dilanjutkan dengan pemeriksaan TTV hingga Mean Arterial Pressure (MAP) pasien ≥ 70 mmHg
Ditanya : Bagaimana cara perawat mengoperasikan syringe pump sesuai kebutuhan terapi?
Jawab :
a. Konsentrasi
1 SYRINGE = 0 – 50 cc
Jika mengencerkan 1 AMPUL dengan 40 cc maka: 40 cc atau 40 ml = 4.000meq
1ml = 100 meq
b. Dosis
Dosis awal pukul 08.00 = 0,05 dinaikkan 0.01/15menit
c. Speed
tabe;l 3

Sekian pembahasan untuk penggunaan pump baik menggunakan syringe maupun infus dimana yang membedakan hanya dari konsentrasi karena obat diencerkan/dioplos dengan jumlah cc/ml yang berbeda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama pada pasien GAWAT DARURAT adalah TTV yang beriringan dengan kenaikan dosis obat. Beberapa pasien kadang menunjukkan kenaikan tekanan darah yang signifikan ketika diberi obat misal norepinefrin namun ketika keterlambatan penggantian syringe yang ke-sekian maka tekanan darah dapat kembali turun karena bergantung pada noreepinefrin.
Selamat berjuang rekan sejawat ^^ !

Advertisements

9 thoughts on “Prinsip Dasar Pengoperasian Pump (Syringe/Infus)

    1. 3 prinsip dasar dalam pengoperasian syringe pump adalah KONSENTRASI, DOSIS dan SPEED . Apapun jenis obat yang biasanya memerlukan syringe pump seperti NE, dobutamin, dopamin, lasik/furosemid, diazepam dsb sama” perlu memperhatikan 3 prinsip dasar tersebut. Setahu saya, untuk furosemid biasanya sudah ada permintaan dosis misalnya 10mg/jam, nah untuk setting di syringe pump bisa langsung diatur 10mg/jam

      Like

  1. terima kasih, informasinya sangat membantu..
    ada pertanyaan yang kalkulasinya saya belum pahami, tapi saya lupa nama obatnya, tapi konsentrasinya cukup padat sampai infusion pump tidak mau menjalankan fungsinya, mungkin ada cara perhitungannya ??

    Like

    1. terima kasih. untuk lasix/furosemid tergantung dosis yang diminta, jadi memang bisa langsung di setting kcepatan di syringe pump

      Like

  2. Saya selaku orang awam belum ngerti betul tentang syring pump.
    apakah pada saat menggunakan syringe pump harus menggunakan tree way infus / langsung menggunakan jarum?
    klau menggunakan tree way infus alasannya apa?

    terimakasih.

    Like

    1. Penggunaan 3way iv pada syringe pump tergantung kebutuhan pasien, tidak semua harus menggunakan 3way iv..misal pada obat inotropik (dobutamin dopamin), line harus dipisah jadi bisa menggunakan 3way iv

      Like

Leave Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s