Informasi Kesehatan dan Perawat

Happy International Nursing Day (agak telat) ^^

First of all, i would like to say “Congratulation” for all nurses in the world ^^ ..Thanks for becoming wonderful nurses

Selamat hari keperawatan international (12 Mei 2013) !!

Yap..saya tahu, saya agak terlambat mengucapkannya..Tapi saya rasa yang penting bukanlah tanggal peringatan, namun bagaimana kita untuk  SEMANGAT, TEKUN, KREATIF dan KOMPETITIF untuk menjadi perawat yang luar biasa. Hidup Perawat Indonesia!!

Awalnya saya tidak tahu alasan hari Perawat Internasional jatuh tanggal 12 Mei, ternyata ini berhubungan dengan tokoh Florence Nightingle. Singkat cerita, beliau adalah tokoh pendiri perawat atau ibu nya para perawat. Beliau mengembangkan teori keperawatan profesional hingga asuhan keperawatan profesional. Setelah mengamati gama dibawah, adakah sesuatu yang khas yang hingga saat ini dikenang oleh perawat di seluruh dunia?

lampu tangan kanan

Yap..jawabannya adalah lampu! Lampu yang dipegang oleh Florence dengan tangan kanannya. Dulu, Florence selalu menggunakan lampu ketika merawat para pasien di jamannya karena dulu listrik belum ditemukan. Florence bukan hanya perawat praktisi yang ahli merawat pasien, namun beliau juga mengembangakan teori” keperawatan yang penting hingga saat ini (termasuk keluar saat ujian..hehe)

lampu

Saya setuju jika tidak salahnya merayakan International Nursing Day ini bersama dengan kolega” keperawatan. Dan tahun 2013 ini merupakan tahun pertama saya bisa merayakan bersama rekan perawat baik dari kalangan sesama mahasiswa, dosen, bahkan praktisi perawat di seluruh Kota Malang. Rangkaian acara dilakukan di sekitar Museum Brawijaya, Malang dari kegiatan apel, jalan pagi bersama, lomba band hingga doorprize. Sebenarnya bukan doorprize saja yang berkesan, namun kebersamaan ini lah yang tidak akan terganti karena setelah acara, saya dan kolega saya Ilmu Keperawatan (IK) 2009 melanjutkan jalan-jalan di Pasar Minggu sekitar lokasi. ^^

bsama

bersama ik 09 jalan

Seharusnya seiring dengan bertambahnya usia perawat, maka kesejahteraan juga perlu ditingkatkan. Sayangnya, jika menyangkut masalah hukum, sudah menjadi rahasia umum bahwa hingga saat ini RUU Keperawatan masih belum selesai “dikerjakan” oleh pihak DPR-RI. Padahal, jumlah perawat di Indonesia saat ini sudah semakin meningkat belum lagi ditambah dengan “teman baru” adanya “smk keperawatan” yang dari segi RUU Keperawatan sendiri, perawat yang menempuh PT (baik diploma maupun sarjana) masih belum diresmikan.

DEMO

Mari kita semua berharap agar masalah keperawatan di Indonesia bisa SEGERA teratasi tidak hanya dalam bentuk ucapan namun juga hitam diatas putih agar semuanya jelas. Bukankah “Tiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan” ?

Menuntut hak memang boleh, namun menjalankan “kewajiban” juga penting. Oleh karena itu, mari kita isi hari-hari mendatang dengan lebih KREATIF, INOVATIF dan KOMPETEN dalam menjalankan tugas baik sebagai mahasiswa, dosen maupun praktisi perawat ! Mari tunjukkan kepada dunia bahwa PERAWAT itu bukan orang yang bertindak berdasarkan emosi namun berdasarkan fisik, hati dan pikiran. HIDUP PERAWAT!!! ^^

hihi

Sumber:

http://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/nightingale_florence.shtml

http://www.inna-k.org/2010/12/ratusan-perawat-demo-desak-sahkan-ruu.html

Advertisements

Leave Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s