Informasi Kesehatan dan Perawat

Depkes.go.id : KEMBALIKAN KEBANGGAAN UNTUK MELAYANI DALAM DIRI PERAWAT

Saya mencoba mengulas informasi yang sudah disampaikan oleh kemenkes 2013 dalam artikelupload91.

Bersamaan dengan Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8 Maret 2013, menteri kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH memberikan sambutan pada acara penghargaan kepada Perawat Perempuan Indonesia.

Jumlah perawat di Indonesia sudah mencukupi kebutuhan masyarakat namun yang menjadi masalah adalah penyebarannya. Jangankan pemerataan, masalah terkait kualitas kinerja perawat di daerah perkotaan juga masih ditemukan. Menkes RI menghimbau agar para perawat memiliki rasa bangga sebagai perawat yang melayani masyarakat. Biasanya, para perawat yang sudah menjadi PNS, memiliki pemikiran bahwa bagaimanapun kinerjanya tidak akan mempengaruhi besarnya gaji yang diterima. Berbeda dengan perawat swasta yang sewaktu-waktu bisa di pecat oleh atasan jika mengalami penurunan kualitas layanan.

Namun rupaya, tidak sedikit perawat yang masih memiliki idealis berpikir ke depan. Saya sempat kagum mengetahui ternyata di beberapa kota besar seperti Surabaya dan Makassar sudah ada banyak perawat yang mengambil spesialisasi anak, perawat bedah, perawat untuk kanker, perawat khusus orang lanjut usia dan perawat khusus orang cacat. Negara Jepang juga mengakui keunggulan perawat Indonesia yang dinilai sopan dan lembut terhadap orang lanjut usia.

Saya setuju dengan pernyataan bahwa kebanggaan terhadap diri sendiri memiliki peranan yang penting bagi individu untuk berani membuat suatu perubahan.  Bukan mustahil adanya hambatan dari sekitar akan memperlambat langkah menuju perubahan, namun selama perubahan tersebut masih bisa diusahakan, kenapa tidak?

Advertisements

Leave Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s